Rabu, 16 November 2011

Skripsi 2011


ABSTRAK

Ahmad Shiddiq 2011. Korelasi Tipologi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011, Pembimbing I : H. A. Hambali, S.Ag., M.Pd Pembimbing II : Syamsuri Hasan, M.HI

Kata Kunci    : Tipologi Belajar dan Prestasi Belajar

Belajar pada hakekatnya perubahan perilaku seseorang dari belajar atau dari pengalamannya sendiri, karena dengan belajar seseorang akan tahu apa yang dia belum ketahui, namun kesuksesan dan kegagalan siswa di dalam kelas bukan sepenuhnya kesalahan siswa, karena bisa saja gurulah yang kurang paham atas cara berfikir siswa, untuk itu penulis akan mencoba memberikan jalan keluar untuk memudahkan kita mengajar dan memudahkan siswa dalam belajar dengan mencoba membahas tentang korelasi tipologi belajar dengan prestasi belajar
Tipologi belajar merupakan suatu kombinasi dari bagaimana ia menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. tipologi belajar bukan hanya berupa aspek ketika menghadapi informasi, melihat, mendengar,  menulis dan berkata tetapi juga aspek pemrosesan informasi sekunsial, analitik, global atau otak kiri-otak kanan, aspek lain adalah ketika merespon sesuatu atas lingkungan belajar (diserap secara abstrak dan konkret).
Terdapat dua pokok pembahasan yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu Tipologi belajar dan Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan  tipologi belajar yang baik karena dengan mengetahui dan memahami  tipologi belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi tipologi belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.
Dalam penelitian tentang tipologi belajar siswa kelas VII SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo yaitu visual dan auditorial.
Penelitian ini merupakan penelitian dekskiptif korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, kuesioner (angket), dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah 20 siswa. Dari hasil analisis penyebaran angket tentang tipologi belajar di dapatkan frekuensi sebesar 1176 dengan rata-rata 59. Dan dari hasil penyebaran angket tentang prestasi belajar di dapatkan frekuensi sebesar 1164 dengan rata-rata 58. Dari penyebaran angket tipologi belajar dengan prestasi belajar di ketahui bahwa (X=1176, Y=1164, X²=2352, Y²=2328, XY=2340) dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment -
 rxy=di dapatkan hasil 1,00 yang artinya korelasi antara tipologi belajar dengan presatsi belajar kuat atau sangat tinggi, jadi Pengaruh Tipologi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMPI Imamul Hasan tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo sangat berpegaruh terhadap prestasi belajar siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar