Rabu, 23 November 2011

Bab V


BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dengan metode kuantitatif jenis korelasional, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:

1.   Dari beberapa anak yang di wawancarai tentang tipologi belajar siswa kelas VII SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo bermacam-macam ada yang mengandalkan indra pendengaran (telinga) yang di sebut dengan auditorial, ada yang lebih mengandalkan indra penglihatan (mata) yang disebut visual,
2.   Korelasi antara Tipologi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. mempunyai nilai korelasi sebesar 1,00 dan berdasarkan tabel interpretasi nilai r maka nilai korelasi jika diinterpresentasikan menunjukkan hubungan yang kuat atau sangat tinggi karena 1,00 terdapat pada nilai r antara 0,90 sampai dengan 1,00. dalam nilai ini diperoleh angka positif, berarti menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel yaitu tipologi belajar dengan prestasi belajar.

Maka berdasarkan hasil statistik di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesa yang berbunyi “ada hubungan antara tipologi belajar dengan prestasi belajar siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo adalah benar”. Karena hubungan ini positif maka hubungan ini menunjukkan bahwa dengan tipologi belajar yang efektif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamanatn Tiris Kabupaten Probolinggo.

B.     Saran-saran
Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagai metode pengajaran, walau dalam taraf yang sederhana, dimana siswa nantinya dapat menemukan pengetahuan baru, memperoleh konsep dan keterampilan, sehingga siswa berhasil atau mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya

Sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi  belajar siswa khususnya dalam pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMPI Imamul Hasan tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, maka perlu guru dan juga peserta didik mengenal atau mengetahui tipologi belajar siswa agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Oleh karena itu, peneliti memberi saran dan masukan guna untuk peningkatan kualitas dari program yang telah dirancang sebelumnya.

1.   Bagi pihak SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan berbagai usaha bantuan untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswi SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, agar dapat menghadapi berbagai permasalahan selama proses belajar.

2.   Bagi Guru, dapat memberikan informasi mengenai tipologi belajar siswa yang berbeda-beda dengan tujuan untuk memudah dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.

3.   Bagi siswa agar kiranya dapat meningkatkan prestasi belajar. Karena berdasarkan penelitian ini, tipologi belajar mempunyai pengaruh yang cukup penting terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, siswa harus mengetahui tipologi belajarnya sendiri-sendiri.

4.   Bagi penelitian selanjutnya agar kiranya dapat melakukan penelitian yang bersifat eksperimen dalam melihat pengaruh lebih jauh dari tipologi belajar terhadap prestasi belajar siswa khususnya pelajaran pendidikan agama Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar