BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dengan
metode kuantitatif jenis korelasional, maka hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa:
1.
Dari
beberapa anak yang di wawancarai tentang tipologi belajar siswa kelas VII SMPI
Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo bermacam-macam ada
yang mengandalkan indra pendengaran (telinga) yang di sebut dengan auditorial,
ada yang lebih mengandalkan indra penglihatan (mata) yang disebut visual,
2.
Korelasi
antara Tipologi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa
SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. mempunyai
nilai korelasi sebesar 1,00 dan berdasarkan tabel interpretasi nilai r maka
nilai korelasi jika diinterpresentasikan menunjukkan hubungan yang kuat atau
sangat tinggi karena 1,00 terdapat pada nilai r antara 0,90 sampai dengan 1,00.
dalam nilai ini diperoleh angka positif, berarti menunjukkan ada hubungan
antara kedua variabel yaitu tipologi belajar dengan prestasi belajar.
Maka
berdasarkan hasil statistik di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesa yang
berbunyi “ada hubungan antara tipologi belajar dengan prestasi belajar siswa
SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo adalah
benar”. Karena hubungan ini positif maka hubungan ini menunjukkan bahwa dengan
tipologi belajar yang efektif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas VII SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamanatn Tiris Kabupaten
Probolinggo.
B.
Saran-saran
Dalam
rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, guru hendaknya lebih sering melatih
siswa dengan berbagai metode pengajaran, walau dalam taraf yang sederhana,
dimana siswa nantinya dapat menemukan pengetahuan baru, memperoleh konsep dan
keterampilan, sehingga siswa berhasil atau mampu memecahkan masalah-masalah
yang dihadapinya
Sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dalam pelajaran
pendidikan agama Islam siswa SMPI Imamul Hasan tegalwatu Kecamatan Tiris
Kabupaten Probolinggo, maka perlu guru dan juga peserta didik mengenal atau
mengetahui tipologi belajar siswa agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Oleh karena itu, peneliti memberi saran dan masukan guna untuk peningkatan
kualitas dari program yang telah dirancang sebelumnya.
1.
Bagi
pihak SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo,
penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan berbagai usaha
bantuan untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswi SMPI Imamul Hasan Tegalwatu
Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, agar dapat menghadapi berbagai
permasalahan selama proses belajar.
2.
Bagi
Guru, dapat memberikan informasi mengenai tipologi belajar siswa yang
berbeda-beda dengan tujuan untuk memudah dalam proses belajar mengajar sesuai
dengan kemampuan masing-masing siswa.
3.
Bagi
siswa agar kiranya dapat meningkatkan prestasi belajar. Karena berdasarkan
penelitian ini, tipologi belajar mempunyai pengaruh yang cukup penting terhadap
prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, siswa harus mengetahui tipologi
belajarnya sendiri-sendiri.
4.
Bagi
penelitian selanjutnya agar kiranya dapat melakukan penelitian yang bersifat
eksperimen dalam melihat pengaruh lebih jauh dari tipologi belajar terhadap
prestasi belajar siswa khususnya pelajaran pendidikan agama Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar