Rabu, 23 November 2011

Bab IV


BAB IV
HASIL PENELITIAN

A.    Latar Belakang Obyek Penelitian
1.      Sejarah Berdirinya SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.
SMPI Imamul hasan adalah sebuah lembaga pendidikan tingkat menengah pertama yang berlokasi di Jl. Balai Desa Tegalwatu No. 1 RT/RW.02/04 Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. SMPI Imamul Hasan ini berdiri pada Tahun 2003, pada awalnya gedung SMPI Imamul Hasan ini bukan berdinding tembok yang kokoh tetapi berdinding bambu, namun dengan usaha yang keras dan semagat yang sungguh-sungguh akhirnya dengan usaha KH. Imam Hasan Amrullah dan teman-teman yang lain SMPI Imamul Hasan mendapatkan dana untuk pembangunan gedung sekolah akhirnya berdirilah tembok yang kokoh, namun bukan hanya sampai  situ saja ushanya karena di damping semangat yang kuat dan niat untuk menjadika masyarakat tegalwatu menjadi masyarakat yang berguna bagi Bangsa dan Negara.
2.      Identitas Sekolah SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo

Nama Sekolah                       : SMPI Imamul Hasan
Alamat/Jalan/Desa               : Jl. Balai Desa Tegalwatu Dusu Togur
RT/RW.02/03
Tahun Berdiri                        : 2003
Penerbitan SK -
(Di Tanda Tangani Oleh)    : Kepala Dinas Pendidikan Nasioanal
Kabupaten Probolinggo
Nomor dan Tanggal SK       : 420/225/426.505/2003. 10 Juli 2003
Kategori Sekolah                  : Reguler
Letak Geografis Sekolah     : Pegunungan
Waktu Penyelenggaraan      : Pagi Hari
NSS / NPSN                           : 202 052 021 001 / 20 54 67 78
Jenjang Akreditasi / Nilai   : B
Nama Kepala sekolah          : Ahmad Zayyan, A.Ma PD
Nomor Rekening Sekolah   : Atas Nama SMPI Imamul Hasan
Cq. AHMAD ZAYYAN Bank Jatim Cabang Kraksaan. 013.209.9260
Bank mandiri KC Probolinggo, 14-00-055401-8
Kepemilikan Tanah              : -
a.    Status Tanah                     : Milik Yayasan
b.   Luas Tanah                       : 5000 M2
c.    Status Bangunan Milik   : Yayasan
d.   Luas Seluruh Bangunan  : 376 M2
3.      Identitas Penyelenggara SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.
a.    Nama lengkap                  : Yayasan Karomatul Hasan
Alamat                               : Jl. Balai Desa Tegalwatu RT/RW 03/02
Kecamatan/Kabupaten   : Tiris/Probolinggo
b.   Nomor Telephon              : 0335-7687282-7689175
c.    Akte Notaris                     : H. Achmad Fauzi, SH.
d.   Nomor dan Tanggal         : 20.06 Nopember 2003
e.    Nama Ketua Pembina      : KH. IMAM HASAN AMRULLAH
f.     Alamat                               : Jl. Balai Desa Tegalwatu RT/RW 03/02
Tiris probolinggo
4.      Visi dan Misi SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Berdasarkan Hasil wawancara dengan Bpk. Ahmad Zayyan, A.Ma tentang Visi dan Misi SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo sebagai berikut :
a. Visi
Terwujudnya Manusia Seutuhnya
b. Misi
S     : Sopan Santun
I      : Istiqamah dan Ikhlas Lillahi Ta’ala
S     : Semangan
W   : Wibawa
A     : Ajeq dan Amanah
TUJUAN
1.        Menjadikan Al-Qura’an, Al-Hadist  dan pancasila sebagai pedoman hidup beragama, berbangsa dan bernegara.
2.        Meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Islam Imamul Hasan.
3.        Memberikan pelayanan yang layak dan nyaman.
4.        Mebiasakan guru dan siswa/i berwawasan intlektual dan berprilaku lokal (sopan santun).
5.        Mendukung ketersediaan segala peralatan yang di butuhkan oleh SMP Islam Imamul Hasan.
6.        Mendukung ketercapaian peningkatan mutu lulusan SMP Islam Imamul Hasan.
7.        Mendukung kelancaran Manajemen pembelajaran dan pencitraan public untuk SMP Islam Imamul Hasan.
8.        Membantu untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa/i agar memperoleh wawasan dan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
9.        Membantu untuk meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang kondusif dengan system pembelajaran standart Nasional yang Moderen.
10.    Untuk meningakatkan pelayanan pendidikan kepada siswa/i sehingga merasa lebih Betah, nyaman sehingga lebih giat lagi dalam menuntut ilmu.
11.    Membantu untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa/i agar memperoleh wawasan dan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tuntunan Al Quran dan Hadist sehingga mampu mengimplementasikan diera moderen ini.
12.    Menjadikan SMP Islam Imamul Hasan tempat study lanjut favorit di masa yang akan datang.
13.    Keberadaan SMP Islam Imamul Hasan mampu di terima oleh masyarakat luas.

5.      Strukutur Organisasi SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Demi tertibnya serta tercapainya suatu tujuan dan pengajaran di SMPI Imamul Hasan maka di susunlah stuktur organisasi sebagai langkah dan arah instuktif kepemimpinan serta arah konsultatif dari semua komponen yang berada di bawah ini :









Struktur Organisasi Kepengurusan SMPI Imamul Hasan
Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Tahun pelajaran 2010/2011
Administarsi / TU
Wali Kelas
Guru Mata pelajaran
Pengasuh/Pembina

KH. Imam Hasan Amrullah
Kepala

Ahmad Zayyan, A.Ma PD
Kesiswaan / ketenagaan

Rudi Usma / Moh. Sholeh
Kurikulum

Umi Salma, S.Pd
Bendahara

Thohir, S.Pd.I

Kesiswaan

Basuki Rahman, S.Pd
Humas

Abd. Manaf
Kelas VII

Ghonomat Susi
Kelas VIII

Sulistin Darini, S.Pd
Umi Salma. S.Pd

Kelas IX

Asiati, S.Pd
B. Indonesia

Mohammad Jarrap S.Pd
Matematika

Asiati, S.Pd
Pkn

Sulistn darini, S.Pd
Ekstra Drumband

Hasim Munir
B. Inggris

Umi Salma, S.Pd
PAI

Thohir, S.Pd.I & M.Sholeh
B. arab

KH. Imama H
Ekstra Tartil qur’an

Moh. Imron
Ipa

Honimat Susi
Seni Budaya

Hasim Munir
Kaligrafi

Abd. Manaf
Pramuka

Mohammad Jarrap, S.Pd
Hadroh

Hasim Munir
Ips

Yudi Iswanto SE
TIK

Shofiyah, S.Sos
Penjas

Basuki Rahman, S.Pd
 




















6.      Saran dan Prasarana SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Untuk menunjang pelaksanaan pendidikan, maka sangat  diperlukan sarana dan prasarana yang memadai. Fasilitas-fasilitas yang diperlukan selalu diupayakan agar proses belajar mengajar dapat terselenggarakan dengan baik dan lancar. Adapun fasilitas dapat dilihat dalam tabel berikut ini:
Tabel 1.3
Luas Tanah / Persil Yang Dikuasai Sekolah SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Menurut Status Kepemilikan Dan Penggunaan


Status Pemilikan
Penggunaan
Luas Tanah
Seluruhnya
Bangunan
Halaman/ Taman
Lap. Olahraga
Kebun
Lain-lain

Milik
Sertifikat
m2
M2
M2
M2
m2
M2
Belum Sertifikat
8.740 m2
561 m2
216 m2
72 m2
m2
M2
Bukan Milik
- m2
M2
M2
M2
m2
M2

Tabel 1.4
Fasilitas yang ada di sekolah SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
No
Nama Barang
Jumlah Barang


1
Komputer
3 Unit

2
Meja Komputer
2 Unit

3
Rak Buku
3 Unit

4
Meja / Kursi Kepala
1 Unit

5
Meja / Kursi Guru
4 Unit

6
Meja / Kursi Siswa
65 Unit

7
Meja / Kursi Tamu
1 Unit

8
TV
2 Buah

9
CD
1 Buah

10
Mesin Ketik Manual
1 buah

11
LCD Projektor
1 Unit

12
Speker Aktif
2 Buah


7.      Keadaan Guru SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Adapun guru di SMPI Imamul Hasan mayoritas di ambilkan dari sarjana yang sudah berkelayakan. Di samping mereka sudah berpengalaman di dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang baik. Secara akademis mereka adalah terdiri dari tenaga-tenaga yang sudah professional
Pada tahun pelajaran 2010/2011 tenaga pengajar dan karyawan SMPI Imamul Hasan sebagai berikut :
Tabel 1.5
Data Keadaan Tenaga Guru dan karyawan
SMPI Imamul Hasan Tahun Ajaran 2010/2011

No
Nama
Tempat Tanggal Lahir
Ijazah Terakhir
Materi yang di ajarkan
1
Ahmad Zayyan, S.Pd.
Probolinggo, 06 Oktober 1982
SI. BK
BK
2
Thohir,S.Pd.I
Probolinggo, 21 Maret 1979
SI.  Pend AgamaIslam
PAI
3
Muhammad Jarrap.S.Pd.
Probolinggo, 15 Maret 1983
SI. Bhs Indonesia.
Bahasa Indonesia
4
Umi Salma, S.Pd
Probolinggo, 26 Juni 1983
SI. Bhs Inggris
Bahasa Inggris
5
Yudik Iswanto,SE.
Probolinggo, 03 Mei 1981
SI. Ekonomi
IPS
6
Sulistin Darini, S.Pd
Probolinggo, 17 Mei 1982
SI. PKNPS
PPKN
9
Basuki Rahman, S.Pd.
Probolinggo,  30 Mei 1986
SI. Olahraga
Penjaskes
16
Abd Manaf
Probolinggo, 12 Oktober 1990
SLTA
Kaligrafi
14
Moh. Sholeh
Probolinggo,  07 Mei 1984
SLTA
Ka TAUS
15
Rudi Usman
Probolinggo,  05  Februari 1990
SLTA
TAUS

8.      Keadaan siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Keadaan siswa SMPI Imamul Hasan tahun Pelajaran 2010/2011 sebagai berikut :
Tabel 1.6
Kadaan Siswa SMPI Imamul Hasan
Tahun Pelajaran 2010/2011

KEADAAN MURID
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah
L
P
J
L
P
J
L
P
J
L
P
J
Awal Bulan
11
9
20
13
8
21
11
13
24
35
30
65
Pindah/Keluar
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Masuk/Tambah
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Drop Out (DO)
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Jumlah Akhir Bulan
11
9
20
13
8
21
11
13
24
35
30
65




Islam
11
9
20
13
8
21
11
13
24
35
30
65
Katalik
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Protestan
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Hindu
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Budha
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Jumlah
20
21
24
65



Tabel 1.7
Data Perkembangan Siswa Tiap Tahun
SMPI Imamul Hasan

Bulan
Kelas
Jumlah
VII
VIII
IX
2003/2004
17
19
15
51
2004/2005
18
17
19
54
2005/2006
23
18
17
58
2007-2008
25
23
15
63
2008/2009
25
28
15
68
2009/2010
25
17
23
65
2010/2011
20
27
24
71


Kegiatan belajar mengajar SMPI Imamul Hasan di mulai dari jam 07.00 – 13.00 WIB. Dengan rincian sebagai berikut
Jam I               : 00.07-07.40 WIB.
Jam II              : 07.40-08.40 WIB.
Jam III : 08.40-09.00 WIB.
Jam IV            : 09.00-0940 WIB.
Jam V             : 09.40-10.10 WIB. ( Istrirahat )
Jam VI            : 10.10-10.50 WIB.
Jam VII           : 10.50-11.30 WIB.
Jam VIII          : 11.30-13.00 WIB.

B.     Penyajian Data
Dalam penyajian data tentang Tipologi Belajar pendidikan Agama Islam Siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo di dapatkan hasil dari wawancara siswa. Wawncara ini di lakukan di tempat tertutup artinya dalam wawancara yang peneliti lakukan tanpa di ketahui siswa yang lain. Namun karena pembuatan skripsi ini terbatas akhirnya penulis mengambil beberapa siswa saja yang untuk di wawancarai,
Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa kelas VII SMPI Imamul Hasan sebagai berikut :
Moh. Haqiki
“saya suka pak apabila guru menerangkan dengan cara ceramah di deoan karena dengan guru seperti itu apa yang ada di otakku semakin luas pengetahuannya”


Muhammad
“Kalau saya pikir pa ya, saya suka guru yang cara menerangkannya dengan langsung praktek, karena dengan praktek yang timbul di otak saya “apa yang akan terjadi ? “ nah di situlah saya mampu berfikir sebelum praktek di mulai”

Siti Syarofa
“saya lebih suka guru yang cara menerangkannya dengan ceramah di depan karena dengan begitu otak saya bisa bermain dan nyantai”

Abdul Hamid
“Saya suka guru yang cara menerangkannya pelan”

Yuyun Yulia Agustin
“saya suka guru yang cara menerangkannya dengan praktek, soalnya dengan praktek saya mampu dan mudah untuk mengingatnya”

M. Sholeh
“Saya suka belajar dengan cara praktek soalnya di samping mudah di ingat saya sangat suka belajar seperti itu biar gak pusing”

Rika Susanti
“kalau belajar saya suka dengan cara mendengarkan soalnya dengan mendengarkan saya mampu berfikir luas’

Yeni Fitri Utami
“saya suka guru yang cara menerangkannya dengan praktek langsung, dengan praktek langsung saya lebih bisa memahami meskipun tanpa di jelaskan secara detail”

M. Roni
“saya suka apabila belajar dengan cara bercerita soalnya apa yang di ceritakan guru dengan mudah untuk ku ingat”

Dari beberapa siswa yang di wawancarai, penulis tidak menemukan gambaran tentang siswa yang mempunyai tipilogi belajar kinestetik.

Dalam penyajian data tentang korelasi antara tipologi belajar dengan Prestasi belajar siswa kelas VII SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011, maka pada bab ini akan disajikan data hasil angket.

Adapun angket yang disebar terdiri dari :

1.      15 item angket.
2.      Setiap item terdiri dari 4 jawaban alternative (SS, S, TS, STS) dengan ketentuan sebagai berikut :
a.    Skor 4 untuk jawaban sangat setuju.
b.   Skor 3 untuk jawaban setuju.
c.    Skor 2 untuk jawaban tidak setuju.
d.   Skor 1 untuk jawaban sangat tidak setuju.

Skor untuk masing-masing alternatif selanjutnya dimasuukan ke dalam tabel, sebagaimana berikut :
Tabel 1.8
Frekuensi Jawaban Hasil Penyebaran Angket
Tentang Tipologi Belajar
No. Resp.
No. Item Variabel X
Jml Skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
1
4
4
4
4
3
4
4
4
4
2
4
4
4
4
4
57
2
4
4
3
4
4
4
4
4
4
4
4
4
2
4
4
57
3
4
4
4
4
4
3
4
4
4
4
4
4
4
4
4
59
4
4
4
4
4
2
4
4
4
4
4
4
3
4
4
4
57
5
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
6
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
7
4
4
4
4
4
4
4
3
4
4
4
4
4
4
4
59
8
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
9
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
3
4
4
59
10
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
11
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
2
4
4
4
4
58
12
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
13
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
14
4
4
4
4
4
4
4
4
3
4
4
4
4
4
4
59
15
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
16
4
4
4
4
3
4
4
4
4
2
4
4
4
4
4
57
17
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
18
4
4
4
4
4
2
4
4
4
4
4
4
2
4
4
56
19
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
20
4
4
4
4
3
4
4
4
4
4
4
3
4
4
4
58
Jumlah
1176




Distribusi data yang tertera di atas, maka dapat dirinci mean (rata-rata)
Mx
Tabel 1.9
Frekuensi Jawaban Hasil Penyebaran Angket
Tentang Prestasi Belajar
No. Resp.
No. Item Variabel Y
Jml Skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
1
4
4
4
4
4
4
4
3
4
4
4
4
4
4
4
59
2
4
4
4
4
4
2
4
4
4
4
3
4
4
4
4
57
3
4
4
4
3
4
4
4
4
4
4
4
4
3
4
4
58
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
5
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
2
4
4
4
4
58
6
4
4
4
3
4
4
4
4
2
4
4
4
4
4
4
57
7
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
8
4
4
4
4
4
4
4
4
3
4
4
4
4
4
4
59
9
4
4
4
4
3
4
4
4
4
3
4
4
4
4
4
58
10
4
4
3
4
4
4
3
4
4
4
4
4
2
4
4
56
11
4
3
4
4
4
3
4
4
4
4
4
4
4
4
4
58
12
4
4
4
4
2
4
4
4
4
4
4
3
4
4
4
57
13
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
14
4
4
4
2
4
4
4
2
4
4
4
4
4
4
4
56
15
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
2
4
4
4
4
58
16
4
4
4
4
4
4
3
4
4
4
4
4
2
4
4
57
17
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
3
4
4
4
59
18
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
60
19
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
2
4
4
4
4
58
20
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
3
4
4
4
4
59
Jumlah
1164

Distribusi data yang tertera di atas, maka dapat dirinci mean (rata-rata)
Mx

B.   Analisis Data
Setelah data berhasil dikumpulkan oleh peneliti dengan menggunakan metode pengumpulan data angket, maka diperoleh data sebagaimana didiskripsikan pada tabel 1.1 dan tabel 1.2 diatas. Agar data sebagaiman tersebut diatas memberikan makna, maka perlu diolah dan dianalisis. Sesuai dengan karakteristik data dan judul penelitiannya maka teknik analisis yang dipakai adalah analisis statistik korelasi Product Moment.
Sebelum dianalisis untuk dicari hubungan atau korelasinya dengan menggunakan anlisis korelasi Product Moment, maka data-data di atas direkap dan dimasukkan ke dalam tabulasi data distribusi koefisien korelasi Product Moment sebagaimana terdapat pada tabel 1.3 berikut ini




Tabel 1.10
Tabulasi Data Distribusi Koefisien Korelasi Product Moment anatara
Variabel Tipologi Belajar dengan Variabel Prestasi Belajar Siswa

No. Resp.
X
Y
X²
XY
1
57
59
114
118
116
2
57
57
114
114
114
3
59
58
118
116
117
4
57
60
114
120
117
5
60
58
120
116
118
6
60
57
120
114
117
7
59
60
118
120
119
8
60
59
120
118
119
9
59
58
118
116
117
10
60
56
120
112
116
11
58
58
116
116
116
12
60
57
120
114
117
13
60
60
120
120
120
14
59
56
118
112
115
15
60
58
120
116
118
16
57
57
114
114
114
17
60
59
120
118
119
18
56
60
112
120
116
19
60
58
120
116
118
20
58
59
116
118
117
1176
1164
2352
2328
2340

Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa :

N              =          20
X              =          1176
Y              =          1164
             =          2352
             =          2328
XY           =          2340

Jadi   rxy   =
=
=
=
=
rxy    = 1,00

C.   Pengujian Hipotesi
Berdasarkan nilai product moment dengan N = 20, dan nilai rxy = 1,00 adalah melebihi harga kritiknya sehingga dapat disimpulkan bahwa harga ‘r’ itu signifikan, yang berarti menerima (hipotesis kerja (H1), yaitu : “ Ada Korelasi Tipologi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011.

Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar tingkat Hubungan Antara Tipologi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011, maka hasil perhitungan dikonsultasikan interprestasi nilai pada bab III.

Berdasarkan ukuran konservatif pada interprestasi korelasi product moment adalah diketahui bahwa ‘r’ kerja sebesar 1,00. Setelah dikonsultasikan pada interprestasi product moment ternyata harga ‘r’ berada diantara 0,90-1,00, yang berarti terdapat korelasi yang kuat atau sangat tinggi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa : Korelasi Antara Tipologi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011, adalah kuat atau sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar