BAB IV
HASIL PENELITIAN
A.
Latar Belakang Obyek Penelitian
1.
Sejarah Berdirinya SMPI Imamul Hasan Tegalwatu
Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.
SMPI Imamul hasan adalah sebuah lembaga pendidikan
tingkat menengah pertama yang berlokasi di Jl. Balai Desa Tegalwatu No. 1
RT/RW.02/04 Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. SMPI Imamul Hasan ini
berdiri pada Tahun 2003, pada awalnya gedung SMPI Imamul Hasan ini bukan
berdinding tembok yang kokoh tetapi berdinding bambu, namun dengan usaha yang
keras dan semagat yang sungguh-sungguh akhirnya dengan usaha KH. Imam Hasan
Amrullah dan teman-teman yang lain SMPI Imamul Hasan mendapatkan dana untuk
pembangunan gedung sekolah akhirnya berdirilah tembok yang kokoh, namun bukan
hanya sampai situ saja ushanya karena di
damping semangat yang kuat dan niat untuk menjadika masyarakat tegalwatu
menjadi masyarakat yang berguna bagi Bangsa dan Negara.
2. Identitas
Sekolah SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Nama
Sekolah : SMPI
Imamul Hasan
Alamat/Jalan/Desa : Jl. Balai Desa Tegalwatu Dusu
Togur
RT/RW.02/03
Tahun
Berdiri : 2003
Penerbitan
SK -
(Di
Tanda Tangani Oleh) : Kepala Dinas
Pendidikan Nasioanal
Kabupaten
Probolinggo
Nomor
dan Tanggal SK :
420/225/426.505/2003. 10 Juli 2003
Kategori
Sekolah : Reguler
Letak
Geografis Sekolah : Pegunungan
Waktu
Penyelenggaraan : Pagi Hari
NSS
/ NPSN : 202 052
021 001 / 20 54 67 78
Jenjang
Akreditasi / Nilai : B
Nama
Kepala sekolah : Ahmad Zayyan,
A.Ma PD
Nomor
Rekening Sekolah : Atas Nama SMPI Imamul
Hasan
Cq.
AHMAD ZAYYAN Bank Jatim Cabang Kraksaan. 013.209.9260
Bank
mandiri KC Probolinggo, 14-00-055401-8
Kepemilikan
Tanah : -
a. Status
Tanah : Milik Yayasan
b. Luas Tanah : 5000 M2
c. Status Bangunan
Milik : Yayasan
d. Luas
Seluruh Bangunan : 376 M2
3. Identitas
Penyelenggara SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten
Probolinggo.
a. Nama
lengkap : Yayasan
Karomatul Hasan
Alamat : Jl. Balai Desa
Tegalwatu RT/RW 03/02
Kecamatan/Kabupaten : Tiris/Probolinggo
b. Nomor
Telephon :
0335-7687282-7689175
c. Akte
Notaris : H. Achmad
Fauzi, SH.
d. Nomor dan
Tanggal : 20.06 Nopember 2003
e. Nama Ketua
Pembina : KH. IMAM HASAN AMRULLAH
f. Alamat : Jl. Balai Desa
Tegalwatu RT/RW 03/02
Tiris
probolinggo
4. Visi dan
Misi SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Berdasarkan Hasil wawancara dengan Bpk. Ahmad
Zayyan, A.Ma tentang Visi dan Misi SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris
Kabupaten Probolinggo sebagai berikut :
a.
Visi
Terwujudnya
Manusia Seutuhnya
b.
Misi
S : Sopan Santun
I : Istiqamah dan Ikhlas Lillahi Ta’ala
S : Semangan
W : Wibawa
A : Ajeq dan Amanah
TUJUAN
1.
Menjadikan Al-Qura’an, Al-Hadist dan
pancasila sebagai pedoman hidup beragama, berbangsa dan bernegara.
2.
Meningkatkan
kualitas pembelajaran di SMP Islam Imamul Hasan.
3.
Memberikan pelayanan yang layak dan nyaman.
4.
Mebiasakan guru dan siswa/i berwawasan intlektual dan berprilaku lokal (sopan
santun).
5.
Mendukung
ketersediaan segala peralatan yang di butuhkan oleh SMP Islam Imamul Hasan.
6.
Mendukung
ketercapaian peningkatan mutu lulusan SMP Islam Imamul Hasan.
7.
Mendukung
kelancaran Manajemen pembelajaran dan pencitraan public untuk SMP Islam Imamul
Hasan.
8.
Membantu
untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa/i agar memperoleh wawasan
dan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
9.
Membantu
untuk meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang kondusif dengan
system pembelajaran standart Nasional yang Moderen.
10.
Untuk
meningakatkan pelayanan pendidikan kepada siswa/i sehingga merasa lebih Betah,
nyaman sehingga lebih giat lagi dalam menuntut ilmu.
11.
Membantu
untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa/i agar memperoleh wawasan
dan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tuntunan Al Quran dan Hadist sehingga
mampu mengimplementasikan diera moderen ini.
12.
Menjadikan
SMP Islam Imamul Hasan tempat study lanjut favorit di masa yang akan datang.
13.
Keberadaan
SMP Islam Imamul Hasan mampu di terima oleh masyarakat luas.
5. Strukutur
Organisasi SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Demi tertibnya serta tercapainya suatu tujuan dan
pengajaran di SMPI Imamul Hasan maka di susunlah stuktur organisasi sebagai
langkah dan arah instuktif kepemimpinan serta arah konsultatif dari semua
komponen yang berada di bawah ini :
Struktur Organisasi Kepengurusan SMPI Imamul Hasan
Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Tahun pelajaran 2010/2011
Administarsi
/ TU
|
Wali
Kelas
|
Guru
Mata pelajaran
|
Pengasuh/Pembina
KH. Imam
Hasan Amrullah
|
Kepala
Ahmad
Zayyan, A.Ma PD
|
Kesiswaan
/ ketenagaan
Rudi
Usma / Moh. Sholeh
|
Kurikulum
Umi Salma,
S.Pd
|
Bendahara
Thohir,
S.Pd.I
|
Kesiswaan
Basuki
Rahman, S.Pd
|
Humas
Abd.
Manaf
|
Kelas
VII
Ghonomat
Susi
|
Kelas
VIII
Sulistin
Darini, S.Pd
Umi Salma.
S.Pd
|
Kelas IX
Asiati,
S.Pd
|
B.
Indonesia
Mohammad
Jarrap S.Pd
|
Matematika
Asiati,
S.Pd
|
Pkn
Sulistn
darini, S.Pd
|
Ekstra
Drumband
Hasim
Munir
|
B.
Inggris
Umi
Salma, S.Pd
|
PAI
Thohir,
S.Pd.I & M.Sholeh
|
B. arab
KH.
Imama H
|
Ekstra
Tartil qur’an
Moh.
Imron
|
Ipa
Honimat Susi
|
Seni
Budaya
Hasim
Munir
|
Kaligrafi
Abd.
Manaf
|
Pramuka
Mohammad
Jarrap, S.Pd
|
Hadroh
Hasim
Munir
|
Ips
Yudi
Iswanto SE
|
TIK
Shofiyah,
S.Sos
|
Penjas
Basuki
Rahman, S.Pd
|
6. Saran dan
Prasarana SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Untuk menunjang pelaksanaan pendidikan, maka
sangat diperlukan sarana dan prasarana
yang memadai. Fasilitas-fasilitas yang diperlukan selalu diupayakan agar proses
belajar mengajar dapat terselenggarakan dengan baik dan lancar. Adapun
fasilitas dapat dilihat dalam tabel berikut ini:
Tabel 1.3
Luas Tanah / Persil Yang Dikuasai Sekolah SMPI Imamul Hasan Tegalwatu
Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Menurut Status Kepemilikan Dan Penggunaan
Status Pemilikan
|
Penggunaan
|
||||||
Luas Tanah
Seluruhnya
|
Bangunan
|
Halaman/ Taman
|
Lap. Olahraga
|
Kebun
|
Lain-lain
|
||
Milik
|
Sertifikat
|
m2
|
M2
|
M2
|
M2
|
m2
|
M2
|
Belum Sertifikat
|
8.740 m2
|
561 m2
|
216 m2
|
72 m2
|
m2
|
M2
|
|
Bukan Milik
|
- m2
|
M2
|
M2
|
M2
|
m2
|
M2
|
Tabel 1.4
Fasilitas yang ada di sekolah SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten
Probolinggo
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
|
1
|
Komputer
|
3 Unit
|
|
2
|
Meja Komputer
|
2 Unit
|
|
3
|
Rak Buku
|
3 Unit
|
|
4
|
Meja / Kursi Kepala
|
1 Unit
|
|
5
|
Meja / Kursi Guru
|
4 Unit
|
|
6
|
Meja / Kursi Siswa
|
65 Unit
|
|
7
|
Meja / Kursi Tamu
|
1 Unit
|
|
8
|
TV
|
2 Buah
|
|
9
|
CD
|
1 Buah
|
|
10
|
Mesin Ketik Manual
|
1 buah
|
|
11
|
LCD Projektor
|
1 Unit
|
|
12
|
Speker Aktif
|
2 Buah
|
7. Keadaan
Guru SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Adapun guru di SMPI Imamul Hasan mayoritas di
ambilkan dari sarjana yang sudah berkelayakan. Di samping mereka sudah
berpengalaman di dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang baik. Secara
akademis mereka adalah terdiri dari tenaga-tenaga yang sudah professional
Pada tahun pelajaran 2010/2011 tenaga pengajar dan
karyawan SMPI Imamul Hasan sebagai berikut :
Tabel 1.5
Data Keadaan Tenaga Guru dan karyawan
SMPI Imamul Hasan Tahun Ajaran 2010/2011
No
|
Nama
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Ijazah Terakhir
|
Materi yang di ajarkan
|
1
|
Ahmad Zayyan, S.Pd.
|
Probolinggo, 06 Oktober 1982
|
SI. BK
|
BK
|
2
|
Thohir,S.Pd.I
|
Probolinggo, 21 Maret 1979
|
SI. Pend AgamaIslam
|
PAI
|
3
|
Muhammad Jarrap.S.Pd.
|
Probolinggo, 15 Maret 1983
|
SI. Bhs Indonesia.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
Umi Salma, S.Pd
|
Probolinggo, 26 Juni 1983
|
SI. Bhs Inggris
|
Bahasa Inggris
|
5
|
Yudik Iswanto,SE.
|
Probolinggo, 03 Mei 1981
|
SI. Ekonomi
|
IPS
|
6
|
Sulistin Darini, S.Pd
|
Probolinggo, 17 Mei 1982
|
SI. PKNPS
|
PPKN
|
9
|
Basuki Rahman, S.Pd.
|
Probolinggo, 30 Mei
1986
|
SI. Olahraga
|
Penjaskes
|
16
|
Abd Manaf
|
Probolinggo, 12 Oktober 1990
|
SLTA
|
Kaligrafi
|
14
|
Moh. Sholeh
|
Probolinggo, 07 Mei 1984
|
SLTA
|
Ka TAUS
|
15
|
Rudi Usman
|
Probolinggo,
05 Februari 1990
|
SLTA
|
TAUS
|
8. Keadaan
siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo
Keadaan siswa SMPI Imamul Hasan tahun Pelajaran
2010/2011 sebagai berikut :
Tabel 1.6
Kadaan Siswa SMPI Imamul Hasan
Tahun Pelajaran 2010/2011
KEADAAN MURID
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
Jumlah
|
||||||||
L
|
P
|
J
|
L
|
P
|
J
|
L
|
P
|
J
|
L
|
P
|
J
|
|
Awal
Bulan
|
11
|
9
|
20
|
13
|
8
|
21
|
11
|
13
|
24
|
35
|
30
|
65
|
Pindah/Keluar
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Masuk/Tambah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Drop
Out (DO)
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
Akhir Bulan
|
11
|
9
|
20
|
13
|
8
|
21
|
11
|
13
|
24
|
35
|
30
|
65
|
|
|
|
|
|||||||||
Islam
|
11
|
9
|
20
|
13
|
8
|
21
|
11
|
13
|
24
|
35
|
30
|
65
|
Katalik
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Protestan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Hindu
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Budha
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
20
|
21
|
24
|
65
|
Tabel 1.7
Data Perkembangan Siswa Tiap Tahun
SMPI Imamul Hasan
Bulan
|
Kelas
|
Jumlah
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
2003/2004
|
17
|
19
|
15
|
51
|
2004/2005
|
18
|
17
|
19
|
54
|
2005/2006
|
23
|
18
|
17
|
58
|
2007-2008
|
25
|
23
|
15
|
63
|
2008/2009
|
25
|
28
|
15
|
68
|
2009/2010
|
25
|
17
|
23
|
65
|
2010/2011
|
20
|
27
|
24
|
71
|
Kegiatan belajar mengajar SMPI Imamul Hasan di mulai
dari jam 07.00 – 13.00 WIB. Dengan rincian sebagai berikut
Jam
I : 00.07-07.40 WIB.
Jam
II : 07.40-08.40 WIB.
Jam
III : 08.40-09.00 WIB.
Jam
IV : 09.00-0940 WIB.
Jam
V :
09.40-10.10 WIB. ( Istrirahat )
Jam
VI : 10.10-10.50 WIB.
Jam
VII : 10.50-11.30 WIB.
Jam
VIII : 11.30-13.00 WIB.
B.
Penyajian Data
Dalam penyajian data tentang Tipologi
Belajar pendidikan Agama Islam Siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan
Tiris Kabupaten Probolinggo di dapatkan hasil dari wawancara siswa. Wawncara
ini di lakukan di tempat tertutup artinya dalam wawancara yang peneliti lakukan
tanpa di ketahui siswa yang lain. Namun karena pembuatan skripsi ini terbatas
akhirnya penulis mengambil beberapa siswa saja yang untuk di wawancarai,
Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa kelas VII SMPI
Imamul Hasan sebagai berikut :
Moh. Haqiki
“saya suka pak apabila
guru menerangkan dengan cara ceramah di deoan karena dengan guru seperti itu
apa yang ada di otakku semakin luas pengetahuannya”
Muhammad
“Kalau saya pikir pa
ya, saya suka guru yang cara menerangkannya dengan langsung praktek, karena
dengan praktek yang timbul di otak saya “apa yang akan terjadi ? “ nah di
situlah saya mampu berfikir sebelum praktek di mulai”
Siti Syarofa
“saya lebih suka guru
yang cara menerangkannya dengan ceramah di depan karena dengan begitu otak saya
bisa bermain dan nyantai”
Abdul Hamid
“Saya suka guru yang
cara menerangkannya pelan”
Yuyun Yulia Agustin
“saya suka guru yang
cara menerangkannya dengan praktek, soalnya dengan praktek saya mampu dan mudah
untuk mengingatnya”
M. Sholeh
“Saya suka belajar
dengan cara praktek soalnya di samping mudah di ingat saya sangat suka belajar
seperti itu biar gak pusing”
Rika Susanti
“kalau belajar saya
suka dengan cara mendengarkan soalnya dengan mendengarkan saya mampu berfikir
luas’
Yeni Fitri Utami
“saya suka guru yang
cara menerangkannya dengan praktek langsung, dengan praktek langsung saya lebih
bisa memahami meskipun tanpa di jelaskan secara detail”
M. Roni
“saya suka apabila
belajar dengan cara bercerita soalnya apa yang di ceritakan guru dengan mudah
untuk ku ingat”
Dari
beberapa siswa yang di wawancarai, penulis tidak menemukan gambaran tentang
siswa yang mempunyai tipilogi belajar kinestetik.
Dalam penyajian data tentang korelasi
antara tipologi belajar dengan Prestasi belajar siswa kelas VII SMPI Imamul
Hasan Tegalwatu Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011, maka pada bab
ini akan disajikan data hasil angket.
Adapun angket yang disebar terdiri
dari :
1.
15
item angket.
2.
Setiap
item terdiri dari 4 jawaban alternative (SS, S, TS, STS) dengan ketentuan
sebagai berikut :
a.
Skor
4 untuk jawaban sangat setuju.
b.
Skor
3 untuk jawaban setuju.
c.
Skor
2 untuk jawaban tidak setuju.
d.
Skor
1 untuk jawaban sangat tidak setuju.
Skor
untuk masing-masing alternatif selanjutnya dimasuukan ke dalam tabel,
sebagaimana berikut :
Tabel 1.8
Frekuensi Jawaban Hasil Penyebaran Angket
Tentang Tipologi Belajar
No. Resp.
|
No. Item Variabel X
|
Jml Skor
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
||
1
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
57
|
2
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
57
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
59
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
57
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
6
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
7
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
59
|
8
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
9
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
59
|
10
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
11
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
12
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
13
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
14
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
59
|
15
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
16
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
57
|
17
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
18
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
56
|
19
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
20
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
58
|
Jumlah
|
1176
|
Distribusi data yang tertera di atas,
maka dapat dirinci mean (rata-rata)
Mx
Tabel 1.9
Frekuensi Jawaban Hasil Penyebaran Angket
Tentang Prestasi Belajar
No. Resp.
|
No. Item Variabel Y
|
Jml Skor
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
||
1
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
59
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
57
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
58
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
6
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
57
|
7
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
8
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
59
|
9
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
10
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
56
|
11
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
12
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
57
|
13
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
14
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
56
|
15
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
16
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
57
|
17
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
59
|
18
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
19
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
20
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
59
|
Jumlah
|
1164
|
Distribusi data yang
tertera di atas, maka dapat dirinci mean (rata-rata)
Mx
B. Analisis Data
Setelah data berhasil dikumpulkan
oleh peneliti dengan menggunakan metode pengumpulan data angket, maka diperoleh
data sebagaimana didiskripsikan pada tabel 1.1 dan tabel 1.2 diatas. Agar data
sebagaiman tersebut diatas memberikan makna, maka perlu diolah dan dianalisis.
Sesuai dengan karakteristik data dan judul penelitiannya maka teknik analisis
yang dipakai adalah analisis statistik korelasi Product Moment.
Sebelum dianalisis untuk dicari
hubungan atau korelasinya dengan menggunakan anlisis korelasi Product Moment, maka data-data di atas
direkap dan dimasukkan ke dalam tabulasi data distribusi koefisien korelasi Product Moment sebagaimana terdapat pada
tabel 1.3 berikut ini
Tabel 1.10
Tabulasi Data Distribusi Koefisien Korelasi Product Moment anatara
Variabel Tipologi Belajar dengan Variabel Prestasi Belajar Siswa
No. Resp.
|
X
|
Y
|
X²
|
Y²
|
XY
|
1
|
57
|
59
|
114
|
118
|
116
|
2
|
57
|
57
|
114
|
114
|
114
|
3
|
59
|
58
|
118
|
116
|
117
|
4
|
57
|
60
|
114
|
120
|
117
|
5
|
60
|
58
|
120
|
116
|
118
|
6
|
60
|
57
|
120
|
114
|
117
|
7
|
59
|
60
|
118
|
120
|
119
|
8
|
60
|
59
|
120
|
118
|
119
|
9
|
59
|
58
|
118
|
116
|
117
|
10
|
60
|
56
|
120
|
112
|
116
|
11
|
58
|
58
|
116
|
116
|
116
|
12
|
60
|
57
|
120
|
114
|
117
|
13
|
60
|
60
|
120
|
120
|
120
|
14
|
59
|
56
|
118
|
112
|
115
|
15
|
60
|
58
|
120
|
116
|
118
|
16
|
57
|
57
|
114
|
114
|
114
|
17
|
60
|
59
|
120
|
118
|
119
|
18
|
56
|
60
|
112
|
120
|
116
|
19
|
60
|
58
|
120
|
116
|
118
|
20
|
58
|
59
|
116
|
118
|
117
|
∑
|
1176
|
1164
|
2352
|
2328
|
2340
|
Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa :
N = 20
X = 1176
Y = 1164
X² = 2352
Y² = 2328
XY = 2340
Jadi
rxy =
=
=
=
=
rxy = 1,00
C. Pengujian Hipotesi
Berdasarkan
nilai product moment dengan N = 20, dan nilai rxy = 1,00 adalah
melebihi harga kritiknya sehingga dapat disimpulkan bahwa harga ‘r’ itu
signifikan, yang berarti menerima (hipotesis kerja (H1), yaitu : “ Ada Korelasi
Tipologi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMPI
Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran
2010/2011.
Selanjutnya
untuk mengetahui seberapa besar tingkat Hubungan Antara Tipologi Belajar
terhadap Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMPI Imamul Hasan
Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011, maka
hasil perhitungan dikonsultasikan interprestasi nilai pada bab III.
Berdasarkan
ukuran konservatif pada interprestasi korelasi product moment adalah diketahui
bahwa ‘r’ kerja sebesar 1,00. Setelah dikonsultasikan pada interprestasi
product moment ternyata harga ‘r’ berada diantara 0,90-1,00, yang berarti
terdapat korelasi yang kuat atau sangat tinggi. Dengan demikian dapat dikatakan
bahwa : Korelasi Antara Tipologi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan
Agama Islam Siswa SMPI Imamul Hasan Tegalwatu Kecamatan Tiris Kabupaten
Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011, adalah kuat atau sangat tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar